Sunday, 27 October 2013

Getting Started! Wejangan Untuk Developer

Assalamualaikum,

Halo semua, udah lama nih nggak berjumpa lagi. hehe. udah lama banget semenjak postingan saya sebelumnya mengenai namespace :p. Memang sih karena sibuk kuliah dan ngurus acara-acara juga di kampus makanya gak sempet" hehe (alasan) tapi ya gapapalah yang penting semangat sharingnya tetep ada kan amiin :)

Oke, mungkin saya hari ini bakalan ngeshare sedikit hal yang sifatnya "Fundamental", tau kan maksudnya apa? hehe. Lebih kearah hal-hal kecil dan dasar yang harus diketahui sebelum kita mulai develop. Saya akan ngeshare sedikit nih ilmu yang baru aja saya dapetin kemarin dari acara study club yang diadakan oleh MUGI Jadetabek tentang beberapa hal yang harus diperhatikan seorang developer. Kebetulan pembicaranya juga udah terbukti kualitasnya, beliau seorang MVP (Microsoft Valuable Professional) dan sudah sangat berpengalaman dan berkecimpung di dunia developing, khususnya di framework .Net om Eriawan Kusumawardhono :). Kalau temen-temen mau liat blog beliau bisa dilihat disini.

Oia kenapa sih saya mau membawakan ini? karena menurut saya ini juga merupakan hal yang penting. Menjadi seorang developer bukan halnya seperti seorang robot yang hanya ngejalanin tugas buat ngodiing aja tanpa memperhatikan lingkungan sekitar. iya kan? Jadi developer juga gak boleh semaunya sendiri, buat kodingan asalkan hasilnya ada dan jadi tanpa memperhitungkan sebenernya muter-muter atau nggak sih codingan itu, mudah dipahami atau tidak, dan sebagainya. Makanya ini ada beberapa hal yang beliau share kemarin agar kita bisa ikuti dan memang banyak manfaatnya:

1. Selalu berfikir kalau anda ngoding sebagai seorang anggota tim

Salah satu prinsip bekerja dalam sebuah tim adalah sebagai berikut:

  • Selalu biasakan menggunakan komentar untuk menjelaskan kodingan anda.
    Biasakan menggunakan komen
  • Buatlah variabel dengan nama yang sesuai dengan fungsinya, yang nantinya mudah dipahami.
    Kodingan yang baik dalam penggunaan variabel

    Kodingan yang kurang baik
  • Selalu berpikir bahwa anda mengkoding bukan hanya untuk dipahami diri sendiri, agar nantinya apabila anda diminta menjelaskan anda dapat dengan mudah menjelaskannya.
  • Buatlah dokumentasi yang baik untuk kodingan anda.

Kenapa dibilang seperti ini? Bayangkan kalau anda dari sekarang sudah mulai belajar mendevelop sebagai salah seorang tim, maka kedepannya jika anda sudah terjun di dunia kerja pun anda sudah terbiasa dan nantinya juga akan memudahkan dalam bekerja sama satu sama lain. Di dunia kerja nanti mungkin anda akan terlibat dalam sebuah project besar bukan yang mengharuskan anda bekerja dalam sebuah tim, apalagi anda yang ingin bekerja dalam sebuah software house misalnya. Hal ini pasti akan anda temui. Bayangkan, apabila anda tidak terbiasa bekerja dalam sebuah tim, maka celaka lah anda. Selain bisa membahayakan pemahaman antar tim, bahkan kerjasama yang dilakukan juga bakalan celaka kalau seperti itu. Dengan bekerja sebagai seorang tim juga akan memudahkan anda bila anda membuat project yang misalnya memerlukan lebih dari satu bahasa yang sama, misalkan anda develop dengan C#, teman anda C++, adalagi F#, Ruby, PHP dan sebagainya. Dengan menggunakan prinsip-prinsip bekerja sebagai sebuah tim, hal ini akan lebih mudah dikerjakan dan dilakukan secara bersama-sama. 

2. Ikuti Best Practise 

Dalam mengkoding, dalam bahasa manapun pasti ada yang namanya guidelines dan best practises. Kita sebagai developer pun sebaiknya harus selalu mengacu kepada kedua hal tersebut. Contohnya, jika kita sedang bekerja sama dalam tim yang terdiri dari beberapa developer yang menggunakan banyak bahasa dari sebuah framework yang sama, contoh .Net. Ada banyak bahasa disana dan masing-masing juga mempunyai banyak perbedaannya. Jika kita tidak menggunakan best practises yang ada, khawatir itu akan membuat bingung rekan kerja kita yang menggunakan bahasa berbeda. Penggunaan best practises dapat mengurangi resiko tersebut. 

Contoh yang dimaksud dengan best practise adalah penggunaan tipe struktur yang general (Common Language Version). dalam tabel tersebut, kita memakai type DateTime saat melakukan koding dengan menggunakan VB, bukan Datenya. Jika menggunakan Common Languagenya , maka semua developer pun akan lebih mudah mengetahui apa maksud dari codingan kita bukan. 

3. Codingan jangan muter", harus to the poin!

Hindari pemakaian fungsi-fungsi yang tidak perlu. Codingan yang terlalu bertele-tele juga tidak baik. Usahakan kodingan anda bersih dari pemakaian fungsi-fungsi ataupun komponen yang tidak perlu. Selain akan mengirit memori, teman sesama tim yang melihat kodingan anda pun tidak akan pusing :D

Nah, itu tadi beberapa tips yang kemarin diberikan tentang medevelop yang baik. Tips ini diberikan untuk lebih mengarahkan kita lagi juga ke arah yang lebih profesional. Nilai kita sebagai seorang developer akan bertambah jika kita selalu berfikir bekerja sebagai tim. Process Oriented, bukan Result Oriented. Baiklah, mungkin sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bisa menginspirasi temen-temen semua. Tetap bereksplorasi saja, karena sesungguhnya memang gaya koding itu datangnya dari kita, enaknya kita gimana. Namun semoga bisa memberikan sedikit cahaya lah postingan ini untuk gaya koding kita kedepannya, Amiinn :)

Oke, wassalamualaikum wr.wb
-Keep Sharing and Blogging- :D 



No comments:

Post a Comment

Popular Posts